Digitara

Berapakah biaya pembuatan Website?

Anda memiliki rencana untuk membuat website untuk bisnis atau untuk personal atau mungkin untuk keperluan promosi saja? Sebelum memulai pembuatan website ini pastilah Anda mencari-cari berapakah biaya yang diperlukan dalam pembuatan website bukan. Ini merupakan langkah yang sangat penting sebelum memulai pembuatan website.

Pada artikel kali ini, mari kita bahas berapakah biaya yang perlu disiapkan dalam pembuatan sebuah website. Ayo simak lebih lanjut.

Hal penting dalam menghitung total biaya pembuatan website

Sebelum kita menetapkan dalam pembuatan website, biaya pembuatan terkadang hanya merupakan biaya satu kali. Namun di luar itu, terdapat biaya tambahan atau biaya lainnya yang terkadang tersembunyi yang tidak diketahui oleh para pemilik website. Biaya-biaya tersebut adalah sebagai berikut:

  • Biaya domain
  • Biaya hosting
  • Biaya maintenance
  • Biaya upgrade fitur
  • Biaya perubahan fitur
  • dan biaya lainnya.

Tahukah Anda bahwa biaya-biaya di atas tidak akan pernah terlepas dari suatu pembuatan website. Biaya di atas adalah biaya tetap yang pasti dimiliki oleh semua pemilik suatu website. Mari kita ulas lebih detail masing-masing biaya tersebut.

Biaya Domain hanyalah biaya dasar

Layaknya sebuah rumah yang memiliki nama jalan, website haruslah memiliki Domain yang berarti nama suatu website. Biasanya disebut nama domain, contohnya seperti Digitara.id. Domain ini haruslah unik dan merepresentasikan website yang Anda ingin bawa. Bisa jadi menggunakan Brand Anda ataupun kata kunci lain yang mudah dicari orang lain.

Biaya domain ini bervariasi sekali dan sangat ditentukan dari extension domain, seperti .com, .co, .co.id, .id dan masih banyak lainnya. Biaya ini bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Anda tidak bisa membeli nama domain yang telah dimiliki oleh orang lain, namun Anda dapat membeli nama domain yang dijual oleh orang lain. Biasanya nama domain yang dijual oleh orang lain memiliki harga yang lebih tinggi dari harga biasa. Bahkan terkadang untuk nama domain yang premium harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah loh.

Biaya Hosting adalah biaya fondasi website

Apabila diibaratkan sebagai sebuah rumah, hosting ini adalah tanahnya. Dengan singkat adalah tempat dimana website Anda akan diletakkan. Hosting ini dapat menyimpan semua berkas website Anda, mulai dari berkas kode program, foto, gambar, bahkan video dan dapat menampung berbagai macam file lainnya. Layaknya seperti sebuah tanah, hosting ini memiliki ukurannya sendiri-sendiri bergantung dari penyedia.

Ukuran Hosting ini ditentukan dalam satuan Byte, biasanya dipasarkan mulai dari 500MB (MegaBytes). Biaya hosting sendiri sangat bergantung pada vendor yang menawarkannya dan ukuran hosting tersebut. Biaya akan semakin mahal apabila ukuran hosting semakin besar dan spesifikasinya tinggi.

Secara umum, biaya hosting dimulai dari puluhan ribu rupiah per bulannya hingga jutaan rupiah per bulannya.

Biaya Maintenance adalah perawatan website

Seperti sebuah rumah, terkadang kita perlu melakukan pengecatan ulang dinding rumah, melakukan reparasi pintu rumah dan terkadang melakukan renovasi rumah. Website juga seperti itu, kita terkadang perlu merubah tampilan website, memperbaiki bagian tertentu atau bahkan melakukan perubahan tertentu pada website. Biaya maintenance ini biasanya langsung ditawarkan oleh penyedia jasa website.

Digitara sebagai salah satu software development terbaik di Indonesia, sebagai contoh akan menawarkan biaya maintenance kepada klien-klien dengan biaya tetap beberapa juta rupiah per bulannya bergantung pada tingkat kompleksitas website yang dimiliki. Semakin kompleks websitenya, maka biaya maintenance ini akan semakin tinggi.

Biaya upgrade fitur dan perubahan fitur

Semua bisnis tidak ada yang tidak berubah dan beradaptasi. Semakin bisnis berubah, artinya semua media promosi, media pemasaran harus ikut berubah. Salah satu yang harus ikut berubah adalah website dari bisnis tersebut. Dalam melakukan perubahan ini dibutuhkan waktu dan terkadang perombakan fitur website.

Inilah biaya tambahan yang tidak selalu dibutuhkan oleh Anda yang ingin memiliki website. Namun biaya ini perlu dipertimbangkan karena suatu hari bisa jadi Anda membutuhkannya. Semakin bisnis Anda berkembang, website Anda juga akan ikut berkembang.

Biaya Pembuatan Website Termurah di Indonesia

Lalu berapakah biaya pembuatan websitenya ini? Biaya jasa pembuatan website ini sangat bergantung pada teknologi apa yang digunakan. Ada teknologi yang membuat website langsung jadi hanya dalam waktu beberapa jam saja. Salah satu cirinya adalah biaya pembuatan yang rendah. Apabila Anda menemukan biaya pembuatan website yang berada di bawah 10 Juta, biasanya mereka akan menggunakan teknologi yang langsung jadi.

Apabila Anda menemukan biaya pembuatan website di atas 20 Juta, 90% kemungkinan mereka menggunakan teknologi pembuatan website dari nol, yang artinya mereka membuat website Anda dari awal. Digitara sebagai penyedia jasa pembuatan website selalu membuat website dari nol. Dengan membangun website dari nol, maka secara jangka panjang website Anda akan lebih mudah ditambahkan fitur dan lebih mudah dalam maintenance.

Secara jangka panjang, pembuatan website dari nol adalah pilihan terbaik karena akan lebih mudah dalam adaptasi bisnis. Apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website dari nol, Digitara adalah pilihan yang tepat.

Hubungi Digitara untuk mendapatkan penawaran menarik.