Digitara

Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk membuat website?

Kamu sedang mencari informasi mengenai pembuatan website? Langkah yang kamu lakukan saat ini merupakan langkah yang sangat tepat karena sebelum memiliki suatu website, kamu perlu mengetahui apa saja komponen yang dibutuhkan dalam suatu website.

Kami pernah mengulas informasi mengenai berapakah biaya pembuatan website dalam artikel ini. Kamu dapat mendapatkan informasi lebih dalam mengenai biaya pembuatan dalam artikel tersebut.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas berapa lamakah waktu pembuatan suatu website. Mari kita simak ulasan kali ini.

Komponen penting dalam pembuatan website

Apabila kita mau langsung menjawab pertanyaan di atas, maka jawaban paling singkatnya adalah tergantung. Yah benar, waktu pembuatan suatu website sangat bergantung pada berbagai faktor sebagai berikut:

  • Jenis Website
  • Ruang Lingkup Pekerjaan
  • Teknologi yang digunakan
  • Kemampuan Tim Pengembang
  • Keterlibatan Pemilik dengan Pengembang

Faktor di atas merupakan sekian faktor yang menentukan waktu pengembangan suatu website, namun faktor di atas adalah faktor penentu yang pasti mempengaruhi durasi pembuatan tersebut. Mari kita ulas satu per satu.

Jenis website apa yang ingin dikembangkan merupakan faktor penentu pertama.

Waktu pengembangan website company profile dengan website e-commerce tentulah berbeda. Hal ini pulalah yang akan mempengaruhi waktu pengembangan. Layaknya kamu ingin membangun suatu rumah. Rumah Toko dengan Rumah Tinggal pastilah memiliki kebutuhan pengembangan yang berbeda pula.

Namun perbedaan ini bukan berarti waktu pengembangan yang satu dengan yang lainnya akan berbeda jauh. Ada faktor lain yang bisa saja membuat waktu pengembangan ini menjadi lebih cepat.

Ruang Lingkup Pekerjaan Pengembangan ini akan sangat mempengaruhi durasi pekerjaan

Sederhananya, semakin banyak pekerjaan yang ingin dikerjakan maka akan semakin lama selesai. Namun dalam pembuatan suatu website hal ini tidak selalu berlaku. Terkadang ada ruang lingkup yang kecil namun memiliki tingkat kesulitan tinggi. Maka tingkat kesulitan juga merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi durasi ini juga.

Teknologi yang digunakan

Kini teknologi dalam membuat website sudah banyak, ada yang mudah digunakan ada yang sangat sulit digunakan namun memberikan kelebihan lain yang menarik. Teknologi yang satu dengan yang lainnya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang akan kita bahas pada artikel lainnya.

Secara garis besar, teknologi yang terbaru akan memberikan kelebihan pada saat akan dilakukan perubahan fitur, karena pengembang yang menguasai teknologi tersebut pasti tersedia di lapangan. Di sisi lain, teknologi lama akan menyulitkan pada saat ingin melakukan perubahan karena kurangnya orang yang berpengalaman di teknologi lama tersebut.

Kemampuan Tim Pengembang akan menentukan kualitas dan kecepatan pengembangan

Inilah faktor keempat yang sangat berpengaruh, yaitu kemampuan dan pengalaman dari tim pengembang. Tim pengembang dengan pengalaman minim akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan suatu fitur. Digitara sebagai salah satu penyedia jasa pembuatan website sesuai keinginan kamu telah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun dalam pembuatan website tentu akan memberikan kamu kualitas dan kecepatan yang kamu harapkan.

Keterlibatan Pemilik dengan Pengembang adalah kunci kepuasan dalam pengembangan

Hal ini jarang sekali diketahui oleh umum dan sangat sering diabaikan oleh pemilik maupun tim pengembang. Padahal keterlibatan pemilik merupakan salah satu komunikasi yang sangat diperlukan dalam suatu pengembangan website. Dengan adanya komunikasi ini akan meningkatkan kesesuaian kebutuhan antara pemilik dengan pengembang dan meminimalisir kesalahan dalam pengembangan.

Miskomunikasi juga akan terhindarkan apabila komunikasi terjalin dengan sangat intensif karena keterbukaan menjadi transparan di sini.

Digitara menyediakan jasa dalam membuat suatu website dengan biaya yang sangat terjangkau. Semua dapat didiskusikan terlebih dahulu untuk mengetahui komponen-komponen biaya dan durasi yang dibutuhkan. Ayo hubungi Digitara untuk diskusi lebih lanjut. Klik disini untuk berdiskusi.