Digitara

Langkah Memulai Bisnis Toko Online atau E-Commerce

Bisnis apapun dewasa ini semakin beragam dan memiliki persaingan yang semakin ketat. Tidak semua bisnis dapat bertahan lama, bahkan ada yang hanya dapat bertahan kurang dari 1 tahun. Beberapa di antaranya adalah bisnis-bisnis konvensional yang tidak memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penjualannya.

Oleh karena itu, banyak sekali bisnis yang mulai memasukin dunia digital dengan membangun bisnis mereka secara online, baik membuka toko online atau e-commerce maupun mengimplementasi sistem untuk meningkatkan penjualannya. Namun yang umum dilakukan para pelaku bisnis adalah mencari cara untuk memulai toko online dengan mudah. Mari simak bagaimana strateginya.

Membeli Nama Domain

Layaknya membuka bisnis secara konvensional, nama adalah hal paling pertama untuk dicari sebelum memulai bisnis. Nama yang baik merepresentasikan bisnisnya. Oleh karena itu nama sangatlah penting.

Namun kali ini, Anda memerlukan sebuah nama untuk domain Anda, yaitu tempat orang mencari Anda di dunia digital. Bayangkan nama domain seperti alamat rumah Anda yang dapat Anda tentukan sendiri sebelum orang lain memilikinya. Contoh paling mudah adalah digitara.id, ini adalah nama dari Digitara. .id di akhir merupakan ekstensi domain yang khusus dimiliki di Indonesia.

Ekstensi domain yang umum adalah .com. Anda dapat mencari nama domain apapun yang Anda inginkan selama belum dibeli orang lain. Jadi, nama domain sangat penting yah, segera cari dan langsung beli nama domain Anda.

Mencari pengembang website

Kali ini, pengembang website layaknya kontraktor yang Anda minta untuk membangun rumah Anda. Namun pengembang website adalah tim yang dikhususkan untuk membangun toko online Anda dan mempublikasikannya ke orang banyak.

Biaya pengembang website ini beraneka ragam, mulai dari yang terjangkau hingga yang sangat tinggi. Perbedaan biaya ini ditentukan dari seberapa besar keyakinan tim pengembang dalam membangun website sesuai dengan keinginan Anda.

Saran dari tim Digitara dalam mencari pengembang software terbaik adalah dengan tidak mengacu pada biaya semata. Biaya pengembangan yang murah bukan berarti hasil yang diberikan akan sesuai dengan keinginan Anda. Bayangkan Anda membangun rumah Anda sendiri, apakah biaya yang murah menjamin rumah impian Anda akan sesuai?

Persiapkan seluruh dokumen legal

Apabila Anda memulai membuka toko online ini, pastikan Anda telah memenuhi seluruh dokumen legalitas yang Anda butuhkan, mulai dari HAKI, SIUP, dan lainnya. Kelengkapan dokumen legalitas ini akan menjamin Anda memiliki posisi hukum yang baik apabila Anda menjadi korban kejahatan siber.

Dengan dokumen tersebut, Anda juga secara tidak langsung meningkatkan reputasi bisnis Anda sehingga bisnis Anda semakin dipandang dan dipercaya.

Menyiapkan seluruh proses bisnis online

Berbisnis secara konvensional tidak sama dengan saat berbisnis secara online. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari tata caranya dan membuat proses bisnis online yang Anda inginkan. Setelah Anda menetapkan proses bisnisnya, Anda dapat menguji coba proses tersebut dan memperbaikinya hingga Anda memiliki proses bisnis yang paling efisien.

Setelah seluruh proses di atas Anda jalankan, Anda dapat dengan tenang berbisnis secara online. Untuk membantu Anda dalam menyiapkan e-commerce ini, Digitara menyediakan layanan website e-commerce gratis yang dapat mempercepat Anda dalam memulai bisnis online. Untuk memesannya, Anda dapat menghubungi kami di sini.