Digitara

Apakah Semua Bisnis Perlu E-Commerce?

E-commerce di tahun 2021 ini sangat populer bagi seluruh pelaku bisnis, khususnya karena adanya pandemi COVID-19 di tahun 2020 lalu. Seluruh bisnis sedikit demi sedikit mulai melirik potensi pasar online di Indonesia. Namun berbagai platform untuk berbisnis secara online sudah banyak tersedia juga di lapangan, yaitu salah satunya pasar jual beli online yang memiliki begitu banyak pedagang dan pembeli.

Kita tidak bahas banyak mengenai pasar jual beli ini pada sesi kali ini. Artikel ini akan membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai perbandigan e-commerce dengan pasar jual beli ini.

Kali ini, pertanyaan sederhana adalah, apakah semua bisni perlu e-commerce? Kita akan mengulasnya dengan lebih mudah dengan memberikan 8 alasan utama untuk memiliki e-commerce.

Anda memiliki produk atau jasa untuk dipasarkan

Apabila Anda memiliki produk atau jasa yang dapat diperjualbelikan atau ditawarkan kepada calon pelanggan Anda, maka E-commerce merupakan salah satu keunggulan tersendiri bagi bisnis Anda. Anda dapat memenangkan persaingan bisnis dari kompetitor apabila Anda memiliki E-Commerce.

Dengan E-commerce ini, Anda secara tidak langsung memiliki keberadaan secara online dan dapat segera ditemukan oleh pelanggan Anda.

Kepercayaan Brand lebih tinggi

Bisnis yang memiliki e-commerce secara tidak langsung memiliki kesan yang lebih profesional dan lebih positif di mata pelanggannya. Hal ini dikarenakan e-commerce membutuhkan biaya tersendiri dan semua orang mengetahui itu.

Tanpa kita sadari, pelanggan kita mengetahui hal ini juga, sehingga mereka menganggap bahwa bisnis yang memiliki e-commerce adalah bisnis yang lebih serius berinteraksi dengan pelanggannya. Tidak hanya itu, pelanggan lebih senang berinteraksi langsung dengan bisnis melalui website e-commerce.

Memperkuat Brand Anda

Kembali seperti yang dijelaskan di atas, memiliki tingkat Kepercayaan yang tinggi pada bisnis Anda adalah salah satu upaya dalam memperkuat brand Anda. Semakin kuat brand Anda maka penjualan Anda akan meningkat, karena pelanggan maupun calon pelanggan Anda makin mengenal Anda.

Memiliki website apapun sebenarnya dapat memperkuat brand Anda, namun tidak semua website dapat berinteraksi dengan pelanggannya. E-commerce merupakan website jual beli online yang menjamin adanya interaksi antara pedagang dan pembeli.

Anda menginginkan pemesanan yang berulang

Bisnis yang melakukan penjualan secara tradisional kemungkinan besar akan kesulitan dalam mendapatkan data-data pelanggannya. Padahal data pelanggan ini sangat krusial dalam mendapatkan kembali pembelian baru dari pelanggan lama kita, inilah yang disebut sebagai repeat order.

E-commerce secara tidak langsung akan mencatat seluruh aktifitas pelanggan Anda bahkan mencatat data-data pelanggan dalam sistemnya yang kemudian dapat Anda gunakan kembali untuk memberikan penawaran spesial kepada mereka sehingga kemungkinan adanya pemesanan berulang semakin besar. Bukankah dengan adanya repeat order ini juga meningkatkan pendapatan bisnis Anda?

Memiliki aturan pembelian produk atau jasa Anda sendiri

Apabila Anda pernah berjualan di pasar jual beli online, maka aturan penjualan Anda harus mau tidak mau mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh penyedia jual beli tersebut. Tidak semua bisnis memiliki aturan penjualan yang sama dengan yang telah ditetapkan oleh pasar jual beli tersebut.

Apabila Anda menginginkan aturan penjualan Anda sendiri, maka e-commerce adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk membiasakan pelanggan Anda untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

Menjalankan iklan online

Memiliki e-commerce merupakan nilai tambah dalam sisi marketing. Meskipun telah menjadi strategi marketing yang umum, ternyata tidak berhenti sampai di situ saja. Umumnya website e-commerce ini akan dipadukan dengan strategi marketing online seperti periklanan.

Menjalankan kampanye periklanan online dengan menggunakan website e-commerce pribadi ini tentu saja akan meningkatkan jumlah pengunjung bahkan meningkatkan pelanggan Anda.

Menambah berbagai peluang pemasaran

Banyak sekali strategi marketing lainnya yang dapat dipadukan apabila memiliki website e-commerce. Salah satu contohnya adalah bisa jadi melakukan perpaduan penjualan dengan brand lain seperti buy one get one, maupun produk promosi.

Di luar sana banyak sekali bisnis yang saling berkolaborasi bahkan dengan influencer sekalipun. Banyak produk atau jasa kolaborasi yang akhirnya meledak di pasaran karena dapat terjual dengan sangat cepat melalui e-commerce yang telah Anda miliki.

Mengurangi biaya operasional

Yah ini adalah bagian paling penting. Coba bayangkan mana yang lebih efisien, memiliki 10 toko di berbagai daerah atau memiliki 1 website e-commerce yang melayani penjualan dari seluruh Indonesia? Semua orang pasti akan memilih website e-commerce. Kesimpulannya adalah, website e-commerce murah dalam segala biaya operasional.

Kini bayangkan apabila Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan lain di seluruh Indonesia? Bukankah ini adalah sebuah peluang yang sangat-sangat besar?

Penutup

Alasan di atas adalah alasan logis mengapa website e-commerce dibutuhkan oleh semua bisnis. Kini e-commerce dapat dimiliki oleh semua bisnis dengan biaya yang lebih murah, bahkan gratis! Untuk mendapatkan website e-commerce gratis, Anda dapat menghubungi kami di sini.